Mufti Al-Azhar, Syeikh Ali Gomma: Sesuai Kriteria Imam Al-Asy’ari, Syiah adalah Umat Islam

0
109

STUDISYIAH.COM–Syiah bukan mazhab Islam yang asing di Mesir, khususnya di lembaga pendidikan agama ternama di dunia Islam Al-Azhar. Banyak pakar perbandingan agama dan perbandingan fiqih (al-fiqh al-muqaran) yang mengenal baik Syiah secara akidah dan sistem hukumnya. Dalam tradisinya, para mufti di sana menyatakan dengan tegas konfirmasinya atas Syiah sebagai salah satu mazhab Islam. Tradisi ini berlanjut hingga sekarang.

Video Youtube di bawah ini petikan dari kuliah seorang mufti Mesir ternama, Syeikh Dr. Muhammad Ali Gomma. Dalam petikan ini, ia menyatakan bahwa Syiah adalah umat Islam. Berikut terjemahan statemennya:

“Dan Imam Al-Asy’ari (imam utama Ahli Sunnah di bidang Kalam–red) telah menetapkan sebuah kriteria yang cermat bagi orang-orang yang beragama Islam dan mereka adalah ahli kiblat. Maka, siapa saja yang menjadikan Ka’bah sebagai kiblatnya, maka dia termasuk umat Islam.

“Dan Syiah telah menjadikan kiblat mereka adalah Ka’bah yang mulia, mereka beriman kepada Kitab (Al-Qur’an) dan kepada Nabi SAW, dan mereka mendirikan salat lima waktu. Inilah dasar yang menjadikan seseorang termasuk sebagai umat Islam. Sebagaimana mereka juga mengharamkan hal-hal yang diharamkan dan melaksanakan hal-hal yang wajib sesuai dengan rincian hukumnya.”

Syeikh Ali Gomma menjabat sebagai mufti agung Mesir ke-18 selama 10 tahun, terhitung dari 2003 hingga 2013. Posisi itu sekaligus mengukuhkannya sebagai sosok tertinggi di Darul Ifta’ Al-Mishriyyah, Lembaga Fatwa Nasional Mesir. Newyork Worker mencatatnya sebagai pahlawan Islam Moderat. Selengkapnya baca di sini.

(Visited 33 times, 1 visits today)
Baca juga :   Imamnya para Imam dan Rombongan Ulama Salafi Ziarah Kubur Imam Ali Ridha a.s.

Leave a reply