Argumen Rasional atas Kehujjahan Sunnah Nabi SAW

0
179

Apakah sunnah dan hadis-hadis Nabi SAW itu hujjah dan dijadikan dasar pegangan? Ada banyak argumen akan kehujjahan sunnah Nabi SAW. Berikut ini argumen rasional atas kehujjahan sunah dan hadis Nabi SAW.

Bertolak dari falsafah diutusnya Nabi SAW, beliau dan nabi yang lain diutus adalah untuk memberi hidayah dan petunjuk serta mendidik umat manusia, memberikan solusi terbaik untuk mengakhiri segala perselisihan dan pertikaian serta mengantarkan umat manusia kepada kehidupan yang tertata yang tentunya bisa memberikan ketentraman dan kenyamanan serta kesejahteraan.

Tentu saja, tujuan ini hanya bisa terealisasi di bawah naungan dan bimbingan para nabi yang maksum (suci dari dosa dan kesalahan), dan kemaksuman mereka ini tidak hanya pada satu sisi, tapi pada seluruh dimensi dirinya. Dan konsekuensi logisnya, ketika mereka memiliki kondisi mulia ini (keterjagaan dari segala bentuk dosa dan kesalahan), tentunya tingkah dan ucapannya memiliki nilai sebagai hujjah dan patut dijadikan pegangan. [RAF].

Sumber: Ali Nashiri, Talkhish-e Asyna’i ba Ulum-e Hadits.

(Visited 225 times, 1 visits today)
Baca juga :   Sejarah Singkat Ilmu Hadis Syiah (2)

Leave a reply