4 Alasan Rasional Masjidil Aqsa itu Penting bagi Dunia Islam

0
133

Banyak faktor dan alasan yang mengungkapkan betapa penting, suci dan istimewanya Baitul Maqdis atau Masjid Al-Aqsha, Palestina, bagi kaum Muslimin dan dunia Islam, yaitu sebagai berikut:

1. Baitul Baqdis adalah kiblat pertama umat Islam, masjid kedua Islam dan tanah suci (haram) ketiga (setelah Makkah dan Madinah). Imam Ali a.s. mengatakan bahwa satu dari empat istana surga di dunia (setelah Masjid Al-Haram, Masjid Nabawi di Madinah dan masjid Kufah) adalah Baitul Maqdis. Yerusalem, kota di mana Baitul Maqdis berada, adalah tempat perjumpaan ketiga agama Ibrahimi (Islam, Kristen dan Yahudi); ia adalah suci dan kiblat umat-umat sebelumnya. 13 tahun pertama dimana Rasulullah SAW tinggal di Makkah dan 17 bulan setelah hijrah ke Madinah, beliau dan para Muslim melakukan shalat menghadap Masjid Al-Aqsha.

2. Di sisi lain, Masjid Al-Aqsa juga penting bagi kaum Muslimin, yaitu kesucian dan pentingnya perjalanan mikraj Rasulullah SAW dari Masjid Al-Haram ke Masjid Al-Aqsha dan dari situ bergerak naik ke langit. Al-Qur’an mengatakan, “Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjid Al-Haram ke Masjid Al-Aqsha yang telah kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami”.

Kalimat “barmakna haulahu” (yang telah kami berkahi sekelilingnya) menunjukkan bahwa Masjid Al-Aqsha, selain tanah suci, dan sekitarnya adalah tanah penuh bahagia dan berkah serta suci dari kecondongan material. Tanah suci ini, sepanjang sejarah, adalah pusat perjuangan nabi-nabi besar dan sumber cahaya dan penyembah Allah SWT.

Telah diriwayatkan dari Imam Shadiq a.s., “Masjid Al-Aqsha adalah salah satu dari masjid-masjid Islam terpenting, dan beribadah di situ banyak kebajikannya.”

3. Di kota Baitul Maqdis, selain Masjid Al-Aqsha, ada 36 masjid lainnya yang 29 di antaranya berada di dalam kota, sementara 7 masjid lainnya berada di luar kota tua dan terletak di pinggiran kota. Selain masjid-masjid, juga di sana terdapat makam-makam banyak pemimpin besar Islam dan para sahabat-sahabat Rasulullah SAW.

Baca juga :   Sahabat-sahabat Penulis Wahyu

4. Selain masalah kesucian dan keistimewaan tinggi Baitul Maqdis dan tanah suci ini, situasi buruk dan memprihatinkan tengah diderita oleh Palestina  di sana; pendudukan zionis Israel dan arogansi global telah menjajah negeri itu, menguasa Baitul Maqdis dan meneror kaum Muslimin dan umat-umat beragama lain di sana.

Sumber:
1. Da’irat Al-Ma’arif Syi’ah, jld. 3, hlm. 558
3. Nashir Makaram Syirazi, Tafsir Nemuneh, Jld 12, hlm. 10
4. Fashlname Hudhur., Sy 40, Halaman 111
5. Fashlname Hudhur., Sy 40,  Halaman  112
6. Sayyid Husein Musawi, Muthale’at-e Manthaqeh, hlm. 8
7. Murteza Muthahati, Hamaseh-e Huseini, jld. 1, hlm. 213

(Visited 17 times, 1 visits today)

Leave a reply