Ribuan warga muslim Syiah pecinta Ahlulbait as dari seluruh Irak serta dari beberapa negara lainnya hadir dalam acara duka memperingati kesyahidan Imam Musa Kazhim as, Rabu (11/4). Sepanjang perjalanan menuju Haram Imam Musa Kazhim as, sebagaimana telah menjadi tradisi dari tahun-tahun sebelumnya, berdiri posko-posko pelayanan yang dibangun penduduk setempat untuk memberikan pelayanan gratis untuk para peziarah yang berdatangan.  

Meski masih dalam kondisi yang tidak sepenuhnya aman, kota Kazimain tetap didatangi peziarah setiap harinya. Untuk menjamin keamanan peziarah, pasukan keamanan disediakan dibanyak titik dan para peziarah harus melewati beberapa pos penjagaan sebelum tiba ke lokasi Haram. 

Berita terakhir menyebutkan, lebih dari 300 ribu peziarah dari hampir semua kota di Irak dan peziarah asing dari berbagai negara mendatangi Kazhimain untuk memperingati hari syahid Imam Musa Kazhim as. 

Disebutkan, pada tahun 2006 telah terjadi ledakan bom dalam acara peringatan syahidnya Imam Musa Kazhim as di Kazhimain yang merenggut seribu lebih nyawa peziarah. Sejak saat itu sampai sekarang, Kazhimain berada dalam penjagaan ketat aparat keamanan Irak. 

(Visited 7 times, 1 visits today)
Baca juga :   Statemen Rahbar di Khutbah Shalat Idul Fitri

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*